Home / KRIMINAL

Senin, 13 Juli 2020 - 20:18 WIB

Dua Oknum Polisi Kasus Suap Dituntut 4 Tahun Penjara

TIMESUMSEL.COM, PALEMBANG.- Dua terdakwa perkara dugaan suap dalam penerimaan calon siswa bintara Polri Polda Sumsel tahun 2016 lalu yakni mantan Kabiddokkes Polda Sumsel Kombespol (Purn) Susilo Pradoto serta perwira aktif sekretaris Tim Rikkes Polda Sumsel AKBP Syaiful Yahya, harus menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Palembang kelas 1A khusus dengan agenda pembacaan tuntutan melalui cara teleconference, Senin (13/7/2020).

JPU Kejari Palembang menuntut masing-masing terdakwa dengan hukuman 4 tahun dan denda Rp 50 juta subsider 3 bulan kurungan.

” Perbuatan terdakwa terbukti sesuai dengan dakwaan alternatif kedua pasal 5 ayat (1) Jo pasal 5 ayat (2) undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana yang telah diubah dengan undang undang nomor 20 tahun 2001,” ujar Kasi Pidsus Kejari Palembang, Dede saat membacakan tuntutan dalam sidang yang digelar di PN Palembang.

BACA JUGA  Ditreskrimsus Polda Sumsel Gelar Perkara Pers Plat Merah

Dalam dakwaan JPU sebelumnya  kejadian bermula pada tahun 2016 silam, terdakwa Kombes Pol (Purn) Drg Soesilo Pradoto M Kes sebagai Pegawai Negeri atau Penyelenggara Negara yaitu sebagai anggota Polri yang menduduki jabatan sebagai Kepala Bidang Dokter Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Sumsel yang ditunjuk selaku Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) dalam Panitia Seleksi Penerimaan Bintara Umum dan Bintara Penyidik Pembantu POLRI Tahun Anggaran (TA) 2016 Panitia Daerah (PANDA) Polda Sumsel.

“Adapun Modus yang dilakukan kedua terdakwa adalah patut diduga menerima sejumlah uang dari 25 orang calon siswa bintara yang tengah mengikuti rangkaian test kesehatan dan psikologi dengan jumlah rata-rata Rp 250 juta sampai dengan Rp 300 juta perkepala dengan jaminan lulus hingga diduga menerima uang keseluruhan mencapai Rp 6 Milyar, ” Ungkap JPU dalam dakwaan kala itu.

BACA JUGA  Dua Pelaku Penusukan Ditangkap Tekab 134 Polresta Palembang

JPU menambahkan bahwa atas perbuatan para terdakwa tersebut sangat bertentangan dengan kewajibannya selaku anggota POLRI dan Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) dalam Panitia Seleksi Penerimaan Bintara Umum dan Bintara Penyidik Pembantu Tahun Anggaran (TA) 2016 yaitu dalam pelaksanaan tugas anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia wajib untuk menaati sumpah atau janji anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia serta sumpah atau janji jabatan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan menaati segala peraturan perundang-undangan dan peraturan kedinasan yang berlaku. (Hsyah)

Share :

Baca Juga

KRIMINAL

DPO Penipu Putri Arab Princess Lolowah Ditangkap Bareskrim di Palembang

KRIMINAL

Antisipasi Kejahatan dan Balap Liar, Polresta Palembang Gelar Razia

KRIMINAL

Dua Kurir 79 Kilogram Sabu Dituntut Hukuman Mati

KRIMINAL

Polsek Prabumulih Timur Tangkap Pelaku Pengeroyokan, Dua Masih Buron

KRIMINAL

Polda Sumsel Ungkap Tersangka Kasus Home Industri Ekstasi

KRIMINAL

Pelaku Judi Jackpot Diamankan Tim Trabazz Polsek Gunung Megang

KRIMINAL

Pasal Ekonomi Alasan Pelaku Tega Habisi Nyawa Nenek Tupinem

KRIMINAL

Gusti Randa Ditangkap Polisi Usai Curi Motor