Home / METROPOLIS

Jumat, 30 April 2021 - 19:10 WIB

Insentif RT/RW Bulan Desember 2020 Kota Palembang Dipertanyakan

foto ilustrasi. net

foto ilustrasi. net

TIMESUMSEL.COM, PALEMBANG.- Intensif RT/RW sebesar Rp600 ribu setiap bulan yang telah disahkan oleh DPRD kota Palembang dan dibayarkan oleh Pemerintah Kota Palembang melalui Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) yang dilanjutkan kepada camat, kemudian camat melanjutkan kepada kelurahan masing-masing untuk bulan Desember tahun 2020 dipertanyakan.

Hal tersebut membuat para RT/RW se kota Palembang resah. Karena insentif mereka untuk bulan Desember 2020 tidak dibayarkan. Sedangkan mereka menerima insentif untuk bulan Januari dan Februari 2021.

Seperti dikutif dari palapariopers.com, salah seorang RT/RW yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan kepada wartawan selama mereka menjadi RT dua periode, memang dalam pembayaran insentif  tidak pernah lancar dalam pemberiannya setiap bulan, kadang kala 4 bulan baru dibayar 2 bulan.

“ Memang uang tersebut tidak terlalu besar hanya Rp600 ribu setiap bulan, namun bagi kami sangat berharga. Yang sangat memprihatinkan lagi kemana raib uang insentif kami Desember 2020, kok tidak dibayarkan. Sedangkan tahun 2021 baru dibayar Januari dan Februari 2021, ini yang menjadi persoalan Rp600.000 x 5.083 RT/RW se kota Palembang sehingga uang yang harus dibayarkan untuk insentif RT/RW bulan Desember Rp.3.049.800.000 kemana raibnya, tidak ada yang bisa memberikan jawaban, “ ujarnya.

BACA JUGA  Hadiri Wisuda Sarjana Stisipol Candradimuka, Mawardi Yahya Harapkan Wisudawan Buka Lapangan Kerja Baru

Sementara itu, kembali seperti dikutif dari palapariopers.com, Wakil Walikota Palembang Fitriyanti Agustinda ketika diwawancarai pada saat pembukaan bazar di Kelurahan Talang Aman mengatakan “ Mohon maaf pak, saya tidak bisa menjawabnya, silahkan tanya langsung pada Walikota, “ Ujar Fitriyanti Agustinda.

Namun palapariopers.com kembali mencoba menghubungi pihak Walikota bagian Tata Pemerintahan (TAPEM), dan tidak mendapat jawaban yang berkompeten, namun salah satu staff nya yang bernama Dzulkifli mengatakan, “ Coba bapak menghubungi bagian Pemerintahan Masyarakat Kota (PMK)”, mendapat jawaban dari Kepala Bidang (Kabid) R Harjo, “ Mohon maaf pak kalau masalah insentif RT/RW itu ada hubungannya dengan uang, kalau mengenai uang saya tidak berani menjawabnya, tapi kalau masalah RT/RW Kelurahan dan Kecamatan saya bisa mengetahuinya, memang dulu dibawah tahun 2017 para Lurah yang langsung yang mengambil uang insentif RT/RW kemari, namun sekarang melalui camat, dan camat yang membuat anggarannya. Coba bapak menghubungi para camat, “ jelasnya.

BACA JUGA  Buntut MOS, SMA Taruna Indonesia Palembang Dilarang Terima Siswa Baru

Sementara itu salah satu camat, yakni Camat Kemuning M Irman, S.STP, M.SI ketika dihubungi dikantornya pada tanggal 27 April 2021 mengatakan , “ Itu yang membuat kami serba sulit untuk menjawabnya, karena kami dan pihak kelurahan yang menjadi sasaran tempat para RT/RW mempertanyakan hal tersebut, namun kami sudah membuat anggaran insentif RT/RW kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), namun belum ada hasilnya, coba saja bapak menghubungi bagian BPKAD, “ ujar Irman.

Saat dikonfirmasi Kepala BPKAD yang dihubungi melalui wawancara tertulis dilimpahkan kepada bagian bidang dan bendahara Taslim, SE yang mengatakan, “ Sebetulnya insentif tersebut bukan tidak dibayar, namun berdalih keterlambatan pengajuan dari pada pihak kecamatan dan nanti hal tersebut diusulkan untuk dibayar, namun kalau bisa permasalahan ini jangan diungkap, tutup saja, “ Katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (29/4/2021). *

Share :

Baca Juga

METROPOLIS

Ibnu Aqil Jabat Ketua ABTI Palembang Periode 2020-2024

METROPOLIS

PT KAI Drive lll Palembang Perketat Prokes Jelang Nataru

METROPOLIS

1000 Pelajar Pecahkan Rekor Muri Lomba Kaligrafi Terbanyak di Pelataran BKB

METROPOLIS

140 Mahasiswa Perguruan Tinggi Bina Sriwijaya Diyudisium

METROPOLIS

Sinergisitas Dinas Kelautan dan Perikanan untuk Budidaya Perikanan Harus Lebih Erat

METROPOLIS

PKD PMII Bertujuan Bentuk Kader Mujahid Berintegritas dan Berjiwa Nasionalis

METROPOLIS

Diduga Korsleting Listrik, Rumah Ketua RT di Poligon Terbakar

METROPOLIS

Pemprov Sumsel Anggarkan Rp 11 Miliar Bantu UMKM