Home / NASIONAL

Sabtu, 18 Mei 2019 - 07:44 WIB

KPU: Penetapan Calon Terpilih Tiga Hari Setelah Rekapitulasi Nasional

TIMESUMSEL.COM, JAKARTA.- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan penetapan calon terpilih pemilu 2019 akan diumumkan tiga hari setelah rekapitulasi nasional selesai pada 22 Mei 2019.

Dilansir dari Antara,  Arief Budiman saat ditemui di Jakarta, Jumat, menyebutkan proses yang sekarang berlangsung adalah rekapitulasi hasil perolehan suara, sehingga hasil yang akan ditetapkan adalah hasil perolehan suara.

“Tanggal 22 nanti belum penetapan calon terpilih, nanti akan ada tiga hari yaitu tanggal 23, 24, 25, untuk menunggu apakah ada peserta pemilu yang mengajukan sengketa atau tidak. Kalau ada yang mengajukan sengketa maka calon KPU akan menetapkan calon terpilih sampai ada putusan sengketa tersebut,” jelas dia.

BACA JUGA  Ratusan Personel Polda Sumsel Diterjunkan ke Mesuji

Jika tidak ada peserta pemilu yang mengajukan sengketa, maka KPU akan menetapkan calon terpilih setelah tiga hari dari rekapitulasi nasional.

Saat ini KPU telah menghimpun data dari 27 provinsi di Indonesia, KPU masih menanti rekapitulasi dari tujuh provinsi yaitu dari Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua, Papua Barat dan satu PPLN Malaysia.

BACA JUGA  Jam Kerja PNS Dipangkas Selama Puasa Ramadan

Arief mengatakan pada Jumat ini telah dijadwalkan tiga provinsi untuk memberikan hasil rekapitulasi yaitu Papua Barat, Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta. Namun rapat pleno terpaksa ditunda karena perwakilan Papua Barat belum tiba di Jakarta pada pukul 14.00 WIB.

Sulawesi Selatan juga belum bisa hadir karena masih merekap beberapa dokumen. Sementara itu DKI Jakarta belum menyelesaikan rekapitulasi tingkat provinsi.

Rekapitulasi nasional untuk ketiga provinsi tersebut pun dijadwalkan kembali pada Sabtu (18/5). **

sumber:antara

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Jam Kerja PNS Dipangkas Selama Puasa Ramadan

NASIONAL

Tim Bermotor Sumsel Ajukan Banding ke PB PON Karena Jelas Dicurangi

NASIONAL

KPK OTT Direktur Krakatau Steel

NASIONAL

Total Anggaran Vaksin Covid-19 Nyaris Tembus Rp100 Triliun

NASIONAL

Kapolri Idham Azis Lantik 12 Pejabat Utama Polri

NASIONAL

Menhub Minta Kapal Penumpang Tak Melebihi Kapasitas

NASIONAL

Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Telan Biaya Rp 21,95 T, Beroperasi Akhir 2019

NASIONAL

Helikopter Militer Venezuela Jatuh, Tujuh Perwira Tewas