Home / METROPOLIS

Sabtu, 13 Juli 2019 - 09:03 WIB

Palembang Berdjaja, Wadah Masyarakat Membangun Daerah

TIMESUMSEL.COM, PALEMBANG.- Keberadaan “PALEMBANG BERDJAJA” sebagai wadah berkumpul berbagai organisasi untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

Hal ini dikatakan Ketua PALEMBANG BERDJAJA Yan Coga saat di temui di Amaris Hotel Palembang, Jumat (12/7/2019).

Menurutnya, keberadaan PALEMBANG BERDJAJA ini penting untuk menjalin silaturahmi dimana dengan ada wadah yang menjadi tempat berkumpul bisa menyalurkan aspirasinya.

“ Forum ini adalah wadah dari berbagai macam wadah yang ada, kalau bisa kita ada tempat untuk berkumpul,” ungkap Yan Coga.

Dia bersyukur atas inisiatif para tokoh masyarakat dan aktivis pemuda seperti Suparman Romans, Febri Allintani, Yan Hariranto, Charma, Rubi Indiarta, Ruben Alkatiri, Musodiq, Sukeri, Dekki, babe Erlan Sapiuddin dan lainnya yang telah berinisiatif membentuk PALEMBANG BERDJAJA. Tujuannya sebagai alat untuk menyalurkan aspirasi masyarakat agar lebih terarah.

“ Melalui wadah ini kita membantu pemerintah daerah, bukan memusuhi atau menjadi lawan. Kita perlu berkontribusi untuk daerah, kalau wadah ini kemudian didengar dan dilaksanakan alhamdulillah, kalaupun tidak kita tidak salah lagi. Dengan ada wadah yang bagus pemerintah daerah juga terbantu,” kata Yan Coga.

Dia mengatakan, keberadaan PALEMBANG BERDJAJA ini bisa membantu pemerintah, Kepolisian, DPRD, Kejaksaan dan lainnya. Untuk itulah wadah ini diformalkan walaupun berada di luar struktur pemerintah.

“Tugas kita bukan lembaga pressure saja, kalau aspirasi yang tidak terpenuhi, kami akan mengamuk, turun ke jalan itu bukan cara yang bagus, itu bukan cara yang benar. Cara yang bagus itu kita buatkan konsep pemikiran dari pendapat kawan-kawan ini, salurkan ke saluran yang benar melalui PALEMBANG BERDJAJA ini sehingga bisa memberikan kontribusi untuk daerah,” jelas Yan Coga semangat.

BACA JUGA  Zulinto: Tidak Ada Uang Pungutan, Jika Ada Laporkan

Menurutnya, jika disalurkan melalui cara yang baik dan benar maka bisa diterima, sebaliknya jika disalurkan melalui cara yang salah bisa menyebabkan orang tersinggung dan tidak diterima meskipun pendapat itu baik.

Untuk itu, dia berharap keberadaan PALEMBANG BERDJAJA ini bisa memberikan manfaat untuk daerah tidak hanya untuk saat ini, tetapi juga untuk generasi yang akan datang.

“Kemarin kita baru melaksanakan pemilihan umum, tidak ada lagi perbedaan, sehingga ke depan bagaimana memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah agar daerahnya lebih baik, lebih sejahtera, masyarakatnya lebih merasakan manfaat pemerintah daerah,” harap Yan Coga.

Sementara itu, Ketua Koni Kota Palembang Suparman Romans yang juga Dewan Penasehat PALEMBANG BERDJAJA, menilai jika wadah ini didirikan sebagai wadah yang bisa menghimpun semua elemen tanpa pretensi politik untuk ikut mendorong kemajuan pembangunan di Sumsel khususnya di Palembang.

“ Kawan-kawan tokoh masyarakat, aktivis pemuda, organisasi dari seluruh elemen punya gagasan, kenapa? secara historis Palembang menjadi pusat kebudayaan, pusat kemaritiman yang menjadi pusat menyeluruh, kenapa tidak kita bangkitkan lagi, dengan mengedepankan prinsif demokrasi, kekeluargaan kebersamaan, maka dari itulah dibentukla wadah dengan nama PALEMBANG BERDJAJA, “Jelas Suparman.

Ditambahkan Suparman, “ Dalam waktu singkat PALEMBANG BERDJAJA bekerja sama dengan LKKPPD pada tanggal 23 Juli mendatang akan melaksanakan kegiatan diskusi panel yang menyoroti kebijakan pemerintah kota mengenai pajak pempek, nasi bungkus dan pecel lele. Nantinya diskusi ini bisa menghasilkan rumusan-rumusan yang menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan pemerintah kota Palembang, “ tegas Suparman.

BACA JUGA  Masuki Masa Tenang CBN Palembang Ajak Jaga Kondusifitas

Sementara, Ketua Persaudara Pekerja Muslim (PPMI) Sumatera Selatan, Charma Aftianto mendukung penuh terbentuknya PALEMBANG BERDJAJA sebagai fungsi masyarakat yang memberikan masukan saran dan kritik kepada stakeholder di Palembang.

“ Kota Palembang ini kita inginkan kembali berjaya seperti dulu, seperti Palembang Darussalam. Apalagi program visi misi kota Palembang Emas Darussalam 2023 kita sangat mendukung. Untuk itu perlu sinergitas semua pihak semua elemen masyarakat, baik dari ormas kepemudaan , LSM, organisai apapun yang sifatnya menjalankan fungsi sebagai kontrol pemerintah, “ ujar Charma.

Lanjut Charma, “ Singertitas ada macam-macam, pertama memang sebagai kontrol, kedua ikut berperan aktif memberikan masukan berupa kegiatan positif. Seperti saat ini di Palembang tidak banyak wadah pemersatu. Perlu adanya wadah pemersatu supaya dinamika perbedaan bisa disatukan dan disinergikan. Apalagi banyak tokoh-tokoh masyarakat di PALEMBANG BERDJAJA ini. Mudah-mudahan wadah ini bisa merumuskan kegiatan yang positif kedepannya, “ tambah Charma.

Sedangkan Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) Febri Febri Allintani mengapresiasi terbentuknya PALEMBANG BERDJAJA yang di isi oleh orang-orang potensial dan kreatif.

“ Hadirnya PALEMBANG BERDJAJA ini, visioner dan misinya harus disambut oleh pemerintah, karena wadah ini bukan untuk memusuhi tetapi melengkapi pemerintah, “ Kata Febri.

“ Berdjaja ini kan kata kerja, semangat anak-anak muda untuk berjaya, untuk apa, untuk kota Palembang dari sisi dan bahasa yang berbeda. Bahasanya tetap kritis, misalnya selalu saja ada kontroversi setiap kibijakan itu keluar. Seperti kebijakan kebudayaan Kampung Kuto Gawang setelah kontroversi dikritisi baru berubah, seperti patung belido, dan sebagainya artinya kebijakan itu muncul menunjukan belum mantap, setidaknya ada kajian dan sebagainya, “ Jelas Febri.

“ Dari sisi lain bagaimana mewujudkan Palembang seperti Sriwijaya, tentu dengan berbagai cara, menyempurnakan kebijakan pemerintah baik Sumsel maupun kota yang dianggap kurang bermasyarakat wadah inilah yang selalu akan mengawasi, nanti tgl 23 Juli dimulai kerja awal diskusi panel tentang kebijakan yang menjadi keresahan masyarakat, “ Tutup Febri Allintani. (aa/saf)

Share :

Baca Juga

METROPOLIS

Artis KDI Meriahkan Liga Dangdut Bina Sriwijaya Berhadiah Puluhan Juta

METROPOLIS

Ribuan Peziarah Hadiri Puncak Ziarah Kubro

METROPOLIS

Terima Pembayaran dari BPJS, RS Bari Makin Optimalkan Pelayanan

METROPOLIS

Gubernur Herman Deru Ajak Warga Sumsel Sukseskan Pileg dan Pilpres 2019

METROPOLIS

Wisudawan Diajak Update Potensi Diri Hadapi Revolusi Industri 4.0

METROPOLIS

Palembang Tercepat Selesaikan Program PTSL

METROPOLIS

“Artnniversary” DKP ke 21, DKP Harapkan Bantuan Pemerintah Kota Palembang

METROPOLIS

Konser Noah “KETERKAITAN KETERIKATAN” Puaskan Penonton