Home / METROPOLIS

Senin, 8 Juli 2019 - 15:20 WIB

Pemkot Palembang Usulkan Rp1,5 Triliun DAK Tahun 2020

TIMESUMSEL.COM, PALEMBANG.- Pemerintah Kota Palembang mengusulkan 150 program kegiatan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020. Usulan ini bernilai sekitar Rp 1,5 Triliun.

Hal ini terungkap saat Rapat Koordinasi Usulan DAK Tahun 2020 di Ruang Rapat II Setda Kota Palembang, Senin (8/7/2019). Rapat dipimpin Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs Ratu Dewa MSi, dihadiri seluruh pimpinan OPD Kota Palembang.

“Usulan DAK 2020 ini harus dikejar bersama untuk menambah pendapatan secara maksimal. Usulannya sudah memasuki tahap verifikasi di pemerintah pusat,” ujar Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang Harrey Hadi.

BACA JUGA  Harnojoyo Berharap Kinerja PDAM Semakin Baik Lagi di Tahun Depan

Dijelaskannya, usulan program melalui sistem bottom up menggunakan e-planning dengan sejalan dengan sistem Krisna. Sistem ini tidak bertolak belakang dengan APBD sebab bila terjadi overlap dalam usulan maka akan ditolak oleh sistem.

Aplikasi Krisna sendiri merupakan kolaborasi perencanaan dan informasi kinerja anggaran yang merupakan integrasi antara 3 (tiga) Kementerian, yaitu Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Kementerian PAN RB. Kolaborasi ini dituangkan dalam bentuk sistem aplikasi untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran, serta pelaporan informasi kinerja.

Sekda Kota Palembang Drs Ratu Dewa MSi mengingatkan seluruh OPD agar senantiasa mengacu kepada Permendagri Nomor 117 Tahun 2017. Dirinya menginstruksikan OPD untuk melakukan harmonisasi antara program prioritas Pemerintah Kota Palembang dengan usulan melalui aplikasi Krisna DAK. .

BACA JUGA  BPOM Palembang Gelar Media Gathering Bersama Awak Media

“Harus dilakukan sinkronisasi usulan DAK dengan masing-masing OPD. Jangan sampai masih ada OPD yang belum terakomodir,” tegasnya.

Sementara itu Kepala DPPKAD Palembang M Hoyin Rizmu mengingatkan seluruh OPD agar memprioritas usulan program fisik pada DAK tersebut. “Meski demikian, jangan pula mengesampingkan program non fisik. Keduanya tetapi diusulkan secara terpisah untuk dijadikan bahan pertimbangan.” Ujarnya. (ril)

sumber:humas

Share :

Baca Juga

METROPOLIS

DJKN Kanwil SJB Serahkan Aset Kepada Pemerintah Palembang

METROPOLIS

Pajak yang Berkeadilan Belum Temukan Titik Terang

METROPOLIS

Yan Coga : Ayo Rapatkan Barisan Untuk Kemenangan Prabowo-Sandi di Sumsel

METROPOLIS

Dinyatakan Sembuh, Satu Pasien Covid-19 RSUD Bari Tetap Isolasi 14 Hari Sebelum Beraktifitas

METROPOLIS

Pemprov Sumsel Bantu Kota Palembang Rp 86 Miliar Untuk Peningkatan Infrastruktur
Princess Imela Salon

METROPOLIS

Princess Imela Salon Tawarkan Kualitas Bagus Dengan Harga Terjangkau

METROPOLIS

Dirut PDAM Tirta Musi Angkat Bicara Terkait Lonjakan Tagihan Pembayaran Air Bersih

METROPOLIS

Satpol PP Sumsel Akan Tertibkan Lahan Milik Pemprov di Jakabaring