Home / METROPOLIS

Senin, 18 Maret 2019 - 07:53 WIB

PPDB SMP Resmi Dibuka Hari ini

TIMESUMSEL.COM, PALEMBANG, – Sesuai jadwal, pada Senin (18/3/2019) hari ini penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang SMP mulai dibuka.

Untuk jalur zonasi, jalur perpindahan orangtua dan jalur prestasi, pendaftaran PPDB dibuka Senin, 18 Maret hingga 27 Maret 2019.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP negeri kota Palembang, Slamet Cahyono mengatakan, pendaftaran sudah bisa diakses di laman resmi PPDB.

“Untuk Demo pada situs palembang.demo.siap-ppdb.com dan https://palembang.siap-ppdb.com. Calon siswa bisa langsung mendaftar secara online baik melalui laptop maupun android,” ujarnya, Minggu (17/3/2019).

Kota Palembang secara pro aktif menindaklanjuti Permendikbud nomor 51 tahun 2015 terkait PPDB sistem zonasi.

BACA JUGA  Sambut HUT RI ke-74, OPD Sumsel Ikuti Lomba Kerakyatan

Jadi penentuan zonasi ini pakai sistem online karena aplikasinya bisa mengukur.

“Jadi penentuan zonasi menggunakan jarak antara titik koordinat alamat tempat tinggal calon siswa dengan titik koordinat SMP yang dituju,” jelasnya.

Maka itu sistem ini akan memberikan ketepatan dan keakurasian jarak untuk mendukung sistem zonasi tersebut.

MKKS SMPN Kota Palembang juga mendukung Disdik Palembang agar PPDB ini berjalan lancar di masyarakat dengan melaksanakan sosisialisi ke sekolah serta pemangku kepentingan di sekitar wilayah sekolahnya.

Selain itu, guna mendukung lancarnya PPDB ini, pihaknya bersama Disdik Palembang dan PT Telkom sudah membentuk posko layanan PPDB di lantai 2 kantor Disdik Palembang.

BACA JUGA  Upaya Tanggulangi Corona, Rumah Zakat Lakukan Hand Sprayer di Masjid Agung

“Setiap hari kami stand by di sana. Jadi masyarakat yang ada keluhan atau tidak kurang mendapat informasi bisa mendatangi posko tersebut, terutama dari luar kota,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Palembang, Ahmad Zulinto menambahkan, dalam aturan PPDB 2019 kali ini pihaknya tetap mengikuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yaitu dengan sistem zonasi.

“Hanya saja PPDB untuk tingkat SMP tidak bisa 100 persen ke sekolah negeri, mengingat daya tampung dan rasionya tidak pas,” ujarnya.

Adapun kuota zonasi hanya 40 persen, sedangkan 50 persen tes akademik//tes kompetisi, 5 ersen untuk siswa yang berprestasi, dan 5 persen lagi bagi siswa yang orangtuanya dipindah tugaskan.

“Kalau rumahnya dekat dengan sekolah, mereka harus daftar di sekolah tersebut dan sekolah pun harus menerimanya. Dengan sistem zonasi ini juga bisa sangat membantu anak-anak yang kurang mampu,” katanya. (**)

Share :

Baca Juga

METROPOLIS

Dinas Pariwisata Sambut Baik Silaturahmi Pengurus IWO Kota Palembang

METROPOLIS

BAPERA Kota Palembang Bagikan Sembako Sebagai Bentuk Kepedulian Kepada Sesama

METROPOLIS

Harnojoyo Berharap Kinerja PDAM Semakin Baik Lagi di Tahun Depan

METROPOLIS

Dampak Corona, Usaha Kecil Menengah Perlu Perhatian Untuk Mendongkrak Perekonomian

METROPOLIS

20 Persen Dana BOS Dialokasikan Untuk Buku Wajib

METROPOLIS

Manfaatkan Dana CSR, Herman Deru Bangun Gedung Olahraga di 10 Kabupaten/Kota

METROPOLIS

Warga di Lingkungan Masjid Al-Ikhlas Panca Usaha Meriahkan Acara Maulid Nabi

METROPOLIS

6 Pasangan Mesum, 1 WNA Terjaring Razia Satpol PP di Penginapan dan Cafe