Home / KRIMINAL

Jumat, 6 Agustus 2021 - 06:54 WIB

Tegas, Kapolres Batanghari Pecat Anggota. Ini Kesalahannya

TIMESUMSEL.COM, JAMBI, BATANGHARI.- Salah seorang anggota Polres Batanghari Bripka ES diberhentikan Tidak Dengah Hormat (PTDH) karena telah meninggalkan tugas secara tidak sah lebih dari 30 hari secara berturut-turut dan telah dua kali melakukan pelanggaran disiplin selama bertugas di Polres Batanghari serta melakukan tindak pidana ilegal driling.

Upacara PTDH berlangsung di lapangan Mapolres Batanghari, Jalan Gajah Mada, Muara Bulian, Jambi, Kabupaten Batang Hari, Jambi, dipimpin langsung Kapolres Batanghari AKBP Heru Ekwanto, SIK, Rabu (4/8/2021).

AKBP Heru Ekwanto, SIK dalam amanatnya mengatakan, upacara pemberhentian tidak dengan hormat ini merupakan sesuai dari PP Nomor 2 Tahun 2003 tentang peraturan disiplin anggota Polri dalam rangka menegakan disiplin anggota Polri khususnya di jajaran Polres Batanghari.

“Karena sudah empat kali melanggar aturan, tidak pernah masuk selama 30 hari berturut-turut, termasuk melakukan tindak pidana melakukan ilegal driling,” pungkasnya.

Kapolres memaparkan riwayat Bripka ES, dua kali sidang disiplin, tahun 2014 pelanggaran disiplin terkait tidak melaksanakan tugas PAM TPS Pemilu Presiden tahun 2014. Dengan hukuman tunda kenaikan pangkat selama 1 periode, patsus 21 hari.

BACA JUGA  Hindari Lubang, Tabrak Pembatas, Truk Terjun Bebas dari Atas Jembatan

“Tahun 2019 pelanggaran disiplin terkait ketidak hadiran dalam dinas selaku BA Polsek Muara Bulian Polres Batanghari. Dengan hukuman tunda usulan kenaikan pangkat selama 2 periode, patsus selama 21 hari.”

Dilanjutkannya, yang bersangkutan juga sudah dua kali sidang KKE, di tahun 2020 sidang pelanggaran KEPP terkait kasus intracth dari Pengadilan Negeri Jambi dalam perkara dengan putusan lima tahun penjara. Dengan hukuman perbuatan tercela, kewajiban pelanggar meminta maaf secara tertulis kepada institusi Polri, mutasi bersifat demosi selama 5 tahun.

“Tahun 2021 sidang KEPP tidak melaksanakan dinas selama 58 hari kerja secara berturut-turut sesuai dengan LP /A-20/III/2021/Si Propam tanggal 30 maret 2021.” Lanjut Kapolres.

Heru Ekwanto mengatakan, “Artinya tidak ada perubahan dari anggotanya dengan melakukan empat kali pelanggaran sehingga harus diberhentikan secara tidak hormat, dan yang bersangkutan sudah berstatus sebagai rakyat sipil,” katanya.

BACA JUGA  Dit Res Narkoba Polda Sumsel Musnahkan Ribuan Gram Shabu dan Ratusan Butir Ekstasi

Kapolres Batanghari dalam kesempatan ini juga mengingatkan kepada seluruh anggota Polri Polres Batanghari agar dapat menjaga nama baik kesatuan.

Disisi lain hal ini diperlukan sebagai contoh kepada personel lainnya bahwa Polri akan memberikan tindakan tegas atau punishment kepada personel yang melakukan pelanggaran disiplin maupun pidana.

“Hal ini perlu dilaksanakan untuk dijadikan contoh bagi anggota Polri lainnya karena apa yang telah dilakukan oleh Bripka ES adalah tindakan bertentangan dengan hukum, merusak citra Polri pada umumnya dan anggota Polres Batanghari pada khususnya,” kata AKBP Heru Ekwanto, SIK.

Upacara pemberhentian dilakukan secara simbolis dan sesuai dengan protokol kesehatan, dikarenakan yang bersangkutan tidak hadir maka Kapolres menyilang foto Bripka ES pertanda sudah tidak lagi menjadi personel Polri.

“Hukuman tersebut sesuai dengan rekomendasi dari PTDH,” tutup Kapolres Batanghari AKBP Heru Ekwanto, SIK. *

sumber: detikjambi.com

Share :

Baca Juga

KRIMINAL

Gudang Barang Bekas di Talang Buruk Terbakar

KRIMINAL

Polres Prabumulih Dipraperadilkan Terkait Ungkap Kasus Pengolahan Limbah B3

KRIMINAL

Kejar-Kejaran Dengan Polisi, Pengedar Sabu di Air Itam Ditangkap Usai Jatuh Dari Motor

KRIMINAL

BNNP Sumsel Musnahkan 3 Kg Sabu

KRIMINAL

Bandit Curanmor Ditembak, Polisi Buru Satu Pelaku lain

KRIMINAL

Terjaring Patroli di Prabumulih, Tiga Remaja ini Bawa Senpi dan Sajam

KRIMINAL

Simpan 9 Paket Sabu Dalam Jok Motor, Pengedar di Rambang Niru Diciduk

KRIMINAL

Polsek Lembak Gagalkan Jual Beli Narkoba