Home / NASIONAL

Rabu, 30 Oktober 2019 - 18:51 WIB

Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Telan Biaya Rp 21,95 T, Beroperasi Akhir 2019

TIMESUMSEL.COM, LAMPUNG.- Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung bakal beroperasi resmi akhir tahun 2019. Saat ini, tol yang nantinya memiliki panjang 189,2 kilometer tinggal penyelesaian tahap akhir.

Nantinya tol ini akan menghubungkan Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan serta dari Pelabuhan Bakauheni ke wilayah timur Sumatera.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan tol ini juga bisa memicu pertumbuhan ekonomi dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

 “Saya minta Dirjen Bina Marga untuk menghubungkan jalan tol yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sampai exit, dilanjutkan menuju kawasan strategis seperti pelabuhan, industri atau kawasan wisata dengan menggunakan APBN,” ujar Basuki beberapa waktu lalu.

BACA JUGA  Caleg Gerindra di Palembang Dipecat karena Hadiri Kampanye Jokowi

Pembangunan ruas Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung terbagi menjadi dua seksi. Seksi I, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,20 kilometer proses konstruksinya sudah mencapai 99 persen.

Sementara seksi II, ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer proses konstruksinya sudah mencapai 97 persen.

BACA JUGA  Ini Alasan Hari Ibu Diperingati Setiap Tanggal 22 Desember

Uji laik fungsi juga sudah dilakukan pada Mei dan Agustus 2019 silam.

Proses uji laik fungsi ini meliputi evaluasi aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas, evaluasi aspek sarana jalan, jembatan dan bangunan pelengkap, serta administrasi dan operasi.

Sebelumnya, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung juga sempat dibuka secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019.

Sekadar informasi, tol ini sudah dikerjakan sejak Juli 2018 dengan biaya investasi sebesar Rp 21,95 triliun. Tol ini merupakan salah satu ruas tol Trans Sumatera yang menjadi proyek strategis nasional mulai dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.700 kilometer. *

sumber:otomotifnet.com

Share :

Baca Juga

NASIONAL

Dewan Pers Larang Wartawan Minta THR ke Perusahaan, Lembaga, dan Instansi

NASIONAL

Dugaan Virus Corona, THO Dinyatakan Negatif

NASIONAL

Infografis: Rincian Tarif Ojek Online Berlaku 1 Mei 2019

NASIONAL

PSBB Resmi Diterapkan di Bogor, Depok dan Bekasi

NASIONAL

Tol Palembang-Kayuagung Akan Selesai 17 Agustus

NASIONAL

Sidang Isbat Bakal Digelar Hari Ini, Kemenag Belum Tentukan Awal Puasa 1 Ramadhan 1440 H

NASIONAL

Dua Orang PDP Covid-19 di RSMH Palembang Meninggal, Gubernur Minta Masyarakat Waspada 

NASIONAL

Jamaah Berebut Makamkan Ustaz Arifin Ilham