Home / NASIONAL

Minggu, 14 April 2019 - 07:47 WIB

WNI di Portugal beri suara Pemilu Serentak 2019

TIMESUMSEL.COM, LONDON.- Masyarakat Indonesia berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Luar Negeri di Kantor KBRI Lisabon, Portugal untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu Serentak 2019, Sabtu (13/4).

Pensosbud KBRI Lisabon Andre Nurvily kepada Antara London, Minggu menyebutkan pemungutan suara diselenggarakan dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 waktu setempat. Antusiasme terlihat dari sekitar tujuh puluh orang WNI yang hadir di TPS untuk mencoblos.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Portugal berjumlah 232 orang WNI,

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Portugal juga menyelenggarakan pemungutan suara dengan Kotak Suara Keliling (KSK) di Kota Póvoa de Varzim, sekitar 4 jam perjalanan darat dari Lisabon. Tidak hanya itu, WNI di Portugal juga dimudahkan dengan fasilitas untuk mencoblos melalui pos jika tidak dapat hadir di TPS atau pun KSK.

BACA JUGA  Tebar Benih Ikan Tembakang Warnai Peringatan Hari Peduli Perikanan Perairan Darat di Sumsel

“Siapa pun Presiden Indonesia, kita semua harus tetap bersatu,” ujar Noor Jannah, seorang WNI yang tinggal di Portugal selama 33 tahun. Bagi wanita yang tinggal di Kota Algarve ini, hasil pemilu kali ini diharapkan dapat memajukan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia. Noor Jannah harus menempuh perjalanan sekitar tiga jam untuk dapat mencoblos di TPLN Lisabon.

BACA JUGA  Gubernur Panen Raya dan Tanam Padi IP 200 Program Serasi di Muara Belida

Bartholomeus Leon Santoso, pelajar sekolah pilot di Kota Ponte de Sor mengaku, “Saya benar-benar terkesan dengan pelaksanaan pemilu di luar negeri ini.”

Pemilu kali ini merupakan pengalaman pertama Leon untuk mencoblos di luar negeri. Bersama komunitas pelajar pilot Indonesia di Ponte de Sor, Leon menempuh perjalanan dua jam untuk mencoblos di Lisabon.

Setelah pencoblosan hari ini, PPLN di Portugal akan melakukan penghitungan suara pada tanggal 17 April mendatang, mengikuti penghitungan suara di Indonesia. Hal ini juga akan dilakukan oleh semua PPLN di seluruh dunia.**

sumber:antara

Share :

Baca Juga

NASIONAL

KPK Panggil Dirjen Dukcapil Kemendagri Terkait Korupsi e-KTP

NASIONAL

OTT Bawang Putih, KPK Amankan Bukti Transfer Rp 2 Miliar

NASIONAL

Operasional Layanan Bank Terbatas Saat Cuti Lebaran

NASIONAL

Hari Buruh 2019, Upah Minimum Masih Menjadi Sorotan

NASIONAL

Ibunda Presiden Jokowi Wafat

NASIONAL

Lima Ponsel dengan Kamera Resolusi 48 MP di 2019

NASIONAL

Tentukan Awal Ramadan, Kemenag Gelar Sidang Isbat 5 Mei

NASIONAL

Kampanye di Palembang, Prabowo Terharu Kepercayaan Masyarakat Begitu Besar Kepadanya